Pengalaman Pertama Naik Commuter Line ke Monas

Haloo semuanya hari ini aku mau sharing pengalaman nih. Sebelumnya, aku kuliah di kampus (yang konon katanya) idaman mertua. Kampusku terletak di Tangerang Selatan tepatnya Bintaro sektor V. Setelah ospek (kalo di kampusku namanya Dinamika) kan ada Capacity Building tuh. Sayangnya aku kebagian jadwal yang tidak memungkinkan untuk pulang ke kampung. Akhirnya aku sama temen-temenku yang bernasib sama merencanakan untuk pergi ke Monas sekalian mengusir kegabutan.

Selasa, 28 Agustus 2018 kita semua kumpul dulu nih di kosannya Ardha. Ada 5 orang yaitu Ardha, Melin, Zah U, Peyot, dan aku sendiri. Terus kita naik grab car ke stasiun Pondok Ranji. Sebenernya daerah kita tuh ikut Jurangmangu tapi lebih deketnya ke Pondok Ranji daripada Jurangmangu.

Di kota besar tuh beda ya gengs disini driver gak bisa sembarangan nurunin penumpang. Jadi kita harus jalan beberapa meter gitu ke stasiunnya. Sampek di Pondok Ranji kita langsung cus beli kartunya. Harganya @13k untuk 25 kilometer pertama. Tapi tenang gengs nanti di akhir perjalanan kita bakal dapet cashback 10k. Jadi 10k itu istilahnya semacam asuransi gitu deh.

Oke singkat cerita kita naik krl. Yang paling penting diinget ya, pintu krl tuh cepet gengs buka tutupnya kalo di stasiun kecil jadi harus gercep yaa kalau gak mau kebablasan. Waktu itu sekitaran jam 3 sore, waktunya para karyawan pulang pabrik katanya jadi lumayan rame sih. Aku sama temenku aja berdiri. Terus sampe di stasiun transit pertama yaitu Stasiun Tanah Abang. Disini lumayan banyak sih yang turun tapi yang naik lebih banyak gengs. Asli rame banget. Hati-hati aja ya gengs kejahatan berpeluang terjadi disini.
Next lanjut ke stasiun transit kedua yaitu Stasiun Manggarai, pindah kereta lalu stasiun akhir di Stasiun Gondangdia. Setelah itu kita naik grab car ke Monas deh.


Bener sih Monas pintunya banyak tapi yang dibuka itu cuma tiga pintu gengs untuk weekday jadi lumayan memeras tenaga sih untuk jalan ke setiap sudut pintu yang dibuka. HTMnya free kok. Sampai di Monas biasalah foto-foto, update snap WA, instastory juga gak lupa. Waktu udah pukul 17.00 gengs gak kerasa belum shalat ashar juga. Akhirnya kita semua memutuskan untuk shalat di Istiqlal sekalian nunggu maghrib. Perjalanan menemukan pintu keluar tidak semudah bayangan kalian gengs. Kita muter jauuh banget. Kaki rasanya capek banget tapi untung pas Dinamika udah dilatih buat moving lari-lari dari gedung SC ke lapangan A. Kami sudah biasa :)



Sampai di Istiqlal first impression... bagus. Mungkin karena kita udah capek jadi cuma sekedar bagus aja. Masuk lebih dalem, ada anak kecil jualan tas kresek item buat wadah alas kaki. Disana yang jual tas kresek ada yang dewasa sama ada yang masih anak-anak, aku beli sama anak-anak. Salut aja masih kecil udah ngerti cari nafkah dengan jualan kresek seperti itu. Aku lebih apresiasi daripada yang cuma minta-minta. Masuk Istiqlal semua pada shalat, aku sama Peyot enggak karena lagi tanggal merah. Selesai maghrib kita langsung keluar pesen grab car. Agak deg-degan juga sih karena HP semua pada lowbat. Kebayang kalo HP mati gabisa pulang kita. Ada yang menarik nih. Masjid Istiqlal ini berhadapan sama Katedral. Keduanya adalah tempat ibadah yang megah gengs. Kalo mereka manusia, mungkin mereka sudah jatuh cinta (kata lainofar).



Oke akhirnya grab kita dateng, kita dianter ke Stasiun Gondangdia. Sampek sini kita tuker kartu lalu bayar 3k lagi gengs. Jadi 3k itu untuk satu kali perjalanan ya. Terus kita naik krl deh. Di Gondangdia lumayan sepi sih walaupun berdiri tapi seenggaknya kali ini kita berlima masih bisa bernafas dengan leluasa. Selanjutnya stasiun transit Manggarai. Ardha tiba-tiba aja menginstruksikan kita semua buat lari ke peron *lupa kalo gak salah sih peron 5. Karena dari peron kita turun menuju peron 5 itu ada kereta yang lagi berenti. Jadi harus lari ke ujung untuk melewati kereta itu karena krl hanya membuka satu sisi pintu jadi gak bisa nrabas. Dengan nafas terengah-engah, pintu krl ditutup dan you know kita belum sempet masuk. Aduh ini itu rasanya hm... Terpaksa kita nunggu kereta selanjutnya yang pasti lebih penuh sesak karena hari udah malem.

Sesuai dugaan, kereta penuh sesak, ditambah di Stasiun Tanah Abang lebih sesak lagi. Pada saat itu kita berlima cuma bisa pasrah dan berharap keadaan lebih baik 😢. Singkat cerita kita sampe di Pondok Ranji terus kita nukerin kartunya sama uang 10k yang di awal udah aku bilang tadi. Terus ngegrab ke kosannya Ardha.

Akhirnya kita menutup hari ini dengan penuh lelah dan pengalaman

Komentar